Kamis, 24 Agustus 2017

LANGKAH-LANGKAH PEMANFAATAN FITUR BANK SOAL

A.     Persiapan

Persiapan pembelajaran pada dasarnya merupakan gambaran rencana (skenario) yang memproyeksikan mengenai beberapa aktivitas dan tindakan yang akan dilakukan pada saat berlangsungnya proses pembelajaran. Pada prinsipnya dalam perencanaan pembelajaran terdapat empat komponen utama, yaitu: materi/bahan ajar, kegiatan belajar mengajar, dan evaluasi.
Komponen tujuan berfungsi untuk menentukan arah kegiatan pembelajaran. Dari rumusan tujuan pembelajaran harus sudah terproyeksikan bagaimana proses berlangsungnya pembelajaran serta kemampuan-kemampuan yang harus dimilikisiswa sebagai hasil belajar. Rumusan tujuan pembelajaran tidak hanya menggambarkan hasil, tetapi juga menggambarkan kegiatan atau proses.

Kegiatan belajar mengajar yang tercakup dalam perencanaan pembelajaran pada intinya berisi mengenai deskripsi materi/bahan ajar, metode pembelajaran, dan alat/media pembelajaran. Penetapan bahan ajar yang akan berfungsi untuk memberi makna terhadap upaya pencapaian tujuan. Bahan belajar yang disediakan oleh guru dapat berupa media cetak atau non cetak, seperti multimedia pembelajaran, video pembelajaran, atau video tutorial. Siswa juga dapat memperoleh bahan belajar dari sumber belajar lain, seperti dari internet atau buku penunjang lainnya.
Evaluasi sebagai komponen terakhir dalam perecanaan pembelajaran berfungsi untuk mengukur sejauhmana tujuan pembelajaran telah tercapai dan tindakan apa yang harus dilakukan apabila tujuan tersebut belum tercapai. Evaluasi untuk mengukur hasil belajar dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti penugasan atau pengerjaan latihan. Evaluasi hasil belajar yang bertujuan mengukur kognitif atau pengetahuan siswa, dapat dilakukan melalui web atau aplikasi.
Selain mempersiapkan rencana pembelajaran, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan guru ketika akan menggunakan aplikasi atau web untuk melakukan evaluasi secara online, yaitu:
1.       mempersiapkan soal-soal berbentuk pilihan ganda yang akan dimasukkan dalam aplikasi Bank Soal;
2.       menentukan bentuk evaluasi yang akan digunakan, misalnya: latihan, ulangan, atau ujian;
3.       menginformasikan kepada siswa tentang RumahBelajar dan menginstruksikan kepada mereka untuk mendaftar sebagai pengguna di Rumah Belajar. Pengenalan Rumah Belajar dan cara melakukan evaluasi secara online dapat dilakukan guru di luar jam pembelajaran;
4.       jika siswa diperbolehkan untuk membawa hp/tab ke sekolah, maka evaluasi online dapat dilakukan dengan menggunakan hp/tab;
5.       jika siswa tidak diperbolehkan untuk membawa hp/tab, siswa diinformasikan untuk membawa laptop;
6.       untuk evaluasi yang bersifat ulangan atau ujian, dapat memanfaatkan lab komputer jika memungkinkan.
Berikut ini contoh rencana pembelajaran yang memanfaatkan fitur Bank Soal untuk melakukan latihan secara online.
Dalam implementasi pembelajaran, dapat dilaksanakan sesuai dengan rencana pembelajaran yang telah disusun oleh guru. Pada contoh RPP, dapat dilihat bahwa pada pertemuan pertama guru menggunakan metode diskusi dan presentasi. Guru menyajikan tayangan video pembuatan  larutan gula dan larutan cuka, kemudian siswa diminta untuk menyimak dan mengamati tayangan tersebut. Selanjutnya siswa diminta untuk membuat  pertanyaan-pertanyaan yang relevan terkait tayangan yang telah diamati.  Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah teridentifikasi, siswa berdikusi dalam kelompok. Siswa dapat memperoleh jawaban tersebut dari buku pelajaran, internet, atau sumber lainnya.

Dalam proses pembelajaran yang memanfaatkan TIK, dalam hal ini internet sebagai salah satu sumber informasi, ada beberapa cara yang dapat dilakukan guru, antara lain:
1.        dapat menginformasikan kepada siswa untuk membawa hp/tab/laptop dengan memanfaatkan wifi yang sudah tersedia di sekolah;
2.        dapat memanfaatkan perpustakaan sekolah yang sudah menyediakan komputer untuk mencari sumber informasi selain buku;
3.       dapat juga  memanfaatkan lab komputer jika memungkinkan.
Guru dapat mengatur proses pembelajaran yang mengintegrasikan TIK sesuai dengan kebutuhan dan ketersediaan perangkat TIK di sekolah.

Data-data yang telah dikumpulkan siswa berdasarkan pertanyaan yang teridentifikasi, disimpulkan dan dipresentasikan kepada kelompok lain agar mendapat tanggapan dan umpan balik. Presentasi dapat dilakukan dengan memanfaatkan laptop dan LCD proyektor, jika guru telah merencanakan untuk menggunakan TIK pada saat presentasi. Apabila presentasi dilakukan secara konvensional, maka siswa dapat diminta untuk membuat poster berdasarkan hasil diskusi kelompok.

B.   Penilaian dan Umpan Balik

Hasil evaluasi merupakan informasi yang sangat berguna bagi guru, siswa, sekolah, orang tua, dan masyarakat. Hasil evaluasi di kelas dapat dianalisis untuk memperoleh informasi yang akurat untuk perbaikan kualitas pembelajaran.
Pada contoh rencana pembelajaran, guru memanfaatkan aplikasi Bank Soal untuk melakukan penilaian kognitif. Guru telah mempersiapkan soal-soal yang akan dikerjakan oleh siswa pada saat latihan. Mekanisme pengerjaan latihan secara online dapat dilakukan dengan beberapa cara, sebagai berikut:
1.      Sequential Model
Model ini digunakan jika jumlah komputer di sekolah/kelas terbatas (misalnya hanya empat atau unit komputer) dan para siswa tidak diperkenankan membawa hp/tab/laptop. Para siswa dalam kelompok kecil secara bergiliran menggunakan komputer untuk mengerjakan latihan secara online. Soal yang telah disiapkan guru untuk penilaian kognitif ini tidak perlu terlalu banyak, mungkin hanya 5 soal yang dapat mewakili ketercapaian indikator tujuan pembelajaran. Waktu pengerjaan latihan untuk setiap anak dapat disetting sesuai dengan kondisi sarana yang tersedia dan jam pelajaran yang digunakan.
2.   Laboratory Model 
Model ini digunakan jika tersedia sejumlah komputer di sekolah/laboratorium yang dilengkapi dengan jaringan internet, di mana siswa dapat menggunakannya secara lebih leluasa (satu siswa satu komputer). Penilaian dapat dilakukan pada jam pelajaran dan jumlah soal yang disesuaikan  dengan alokasi waktu yang telah direncanakan.
3.    Menggunakan hp/tab/laptop siswa untuk mengerjakan latihan secara online di kelas.  Siswa dapat memanfaatkan wifi yang tersedia di sekolah. Penilaian dapat dilakukan pada jam pelajaran dan jumlah soal yang disesuaikan  dengan alokasi waktu yang telah direncanakan.

Pengerjaan latihan secara online oleh siswa dapat dilakukan berulang-ulang selama evaluasi ini dibuka oleh guru. Jika guru menghendaki siswa hanya mengerjakan satu kali pada evaluasi yang telah disiapkan, maka guru dapat mengatur waktu pengerjaan evaluasi.

Salah satu keuntungan dari pemanfaatan fitur Bank Soal untuk melakukan evaluasi secara online yakni, siswa dapat mengetahui nilai yang diperoleh serta mengetahui soal-soal yang dapat dijawab dengan benar dan soal-soal yang dijawab salah. Dengan demikian siswa dapat mempelajari kembali materi yang belum dikuasainya.

 





















 

































Tidak ada komentar:

Posting Komentar